Pengalaman Berorganisasi Memiliki Banyak Manfaat.

Tugas Perilaku Organisasi

 

Yoo Yoo YOOO Guys , Balik lagi di Dzil Blog mamen. Kali ini saya akan membagi pengalaman saya dalam berorganisasi. Berorganisasi ternyata penting guys ehhh sebelum itu kita balik formal dlu hehe.

Organisasi dapat kita ketahui merupakan sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Serta didalam organisasi menurut saya kita dapat melatih soft skill kita salah satunya berani berpendapat, berani membuat suatu hal yang baru, berani untuk unjuk gigih, melatih public speaking, melatih mental kita karena apabila kita di amanahi sebagai ketua kita harus memberikan kebijakan dan juga terkadang kebijakan yang kita keluarkan ada yang setuju maupun tidak setuju makanya kita diorganisasi dilatih untuk menguatkan mental agar kebijakan yang kita keluarkan dapat dipertahankan dengan suatu fakta yang logis.

PENTING BANGET GA SIH ORGANISASI????

WOII kalo masih ada yang nanya kayak gitu plislahhh dengerin dlu. Tepat sekali kalo anda baca blog ini wkkw. Makanya saya disini akan sharing sedikit tentang organisasi yang saya ikut serta. Karena dari organisasi ini saya dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan saya. Berikut adalah organisasi yang pernah saya ikuti:

Pertama, Ketua Kader Kesehatan Remaja (KKR/ Dokter Remaja/ Tukang Bolos Saat Upacara)

Disini saya baru mengenal namanya organisasi. Dulu waktu SMA saya mengikutin Ekstrakurikuler yang bernama PMR. Pada saat itu saya masih menjadi anggota karena waktu itu saya masih jadi anggota biasa. Didalam PMR ini saya dapat banyak manfaat yaitu saya dapat ilmu dalam bidang kesehatan yaitu membidai atau banyak lagi udah yaa pasti kalian juga males kalo dijelasin panjang panjang. Pokoknya kalian taulah PMR itu ngapain tugasnya wwkkw. Sebelumnya di sekolah saya PMR itu dibagi menjadi dua tugas nya yaitu yang dibagian lapangan (PMR) dan di bagian UKS yaitu (KKR) Setelah itu, Pada Tahun berikut nya saya diamanahi sama senior saya untuk menjadi Ketua Kader Kesehatan Remaja. Disini saya kaget kenapa harus saya kan banyak orang lain yang bisa. Pada saat itu saya sejujurnya menyepelehin amanah ini. Akibatnya berdampak pada proker yang saya kerjakan. Contohnya saya sudah mempunyai ide ide cemerlang dan pengen membuat sebuah acara/lomba KKR. Karena kalau lomba ketangkasan PMR sudah biasa diselengarakan sekolah sekolah. Tapi Ide saya itu sirna, Balik lagi karena saya disini tidak fokus dalam amanah ini. Dimana juga saya banyak mengikuti kegiatan olahraga contohnya saya mengikutin Basket dan juga sibuk lomba. Jadi mengganggu proker  KKR ini. EHHHH KOK MALAH PANJANG YAA. Yaudah pokoknya intinya saya nyesel lah dulu gak bisa berkontribusi penuh dalam amanah yang telah diberikan padahal banyak manfaat yang bisa digalih dari amanah tersebut.

Kedua, Himpunan Mahasiswa Diploma Sistem Informasi (Department Olahraga)

Disini saya berusaha memperbaiki kesalahan pada waktu masa SMA saya dulu. Di Himpunan ini saya sangat dapat manfaatnya gais sumpahh dehh. Contohnya saya mendapat relasi relasi baru. Yaitu teman yang tadinya kita gak kenal menjadi tambah ga kenal. EH salah. Maksudnya, Menjadi Kenal. Galucu ya maap. Dan disini saya sangat menyadari banyak sekali manfaat contohnya melatih publik speaking, berlatih berpendapat, Melatih team, Mengasah jiwa leadership.

Ketiga, Ketua Pelaksana SI GAMES 2019 ( SISTEM INFORMASI GAMES)

Disini sebelumnya saja jelasin terlebih dahulu apa itu SI GAMES. Jadi SI GAMES adalah sebuah kegiatan atau ajang perlombaan dalam bidang olahraga yang diselengarakan oleh Himpunan Mahasiswa Diploma Sistem Informasi. Ajang perlombaan ini diselengarakan setiap tahun. Sebelumnya dulu namanya ajang ini bukanlah SI GAMES tetapi MANIAC (Management Informatic Competition) Tetapi pada tahun ajaran saya nama prodi kami diganti menjadi D3 Sistem Informasi. Dan pada saat itu Bang Mumu sebagai Ketua departemen Olahraga. Mengamanahi saya untuk memimpin atau menjadi ketua pelaksana ajang ini dan saya menganti nama ajang ini menjadi “SI GAMES 2019”. Disini saya singkat cerita, Saya banyak mengalami kesulitan yaitu saya masih bingung harus ngapain karena saya jujur belum banyak belajar dan saya nyesel waktu SMA saya tidak memanfaatkan ini. Alhasil jadi kesusahan pada diamanahi untuk sekali lagi. Tetapi untungnya saya banyak disupport sama Bang mumu (Kadep Olahraga) dan Kak adit (Wakadep Olahraga). Saya banyak dituntun oleh mereka dan banyak dikasih ilmu tentang apa yang saya tidak asah pada masa itu. Saya sangat berterima kasih kepada mereka karena sangat sabar membimbing saya. Dan acara SI GAMES 2019 akhirnya berjalan dengan lancar. Disini saya banyak dapat belajar. Pada saat saya di amanahin menjadi Ketua Pelaksana. Saya kurang untuk TERJUN LANGSUNG. Saya hanya memberikan amanah kepada angota divisi dan mengkontrol tugas mereka yang saya berikan. Saya merasa sangat bersalahh disini karena ini bukan sifat TRUE LEADER. Tetapi namanya juga manusia tidak akan lewat dari namanya kesalahan. Tetapi dari hal itu saya jadikan sebagai evaluasi terhadap diri saya. Agar kedepan menjadi lebih baik lagi. Karena saya jujur masih sangat awam dengan namanya organisasi. Tetapi setidaknya ada perkembangan dari organisasi saya yang sebelumnya saya diamanahin untuk menjadi ketua. Yaitu disini saya sudah berani untuk unjuk gigih, memberikan kebijakan, memecahkan masalah dengan cara musyawarah (RAPAT), melatih public speaking dan mendapatkan ilmu ilmu yang dulunya saya tidak dapat.

Keempat, Ketua Pelaksana Tugas Besar Olahraga ( Sport Times)

Disini saya jelasin sebelumnya yaitu Sport times itu sendiri adalah ajang olahraga setiap tahun yang diselengarakan mata kuliah Olahraga menjadi sebuah Tugas besar yang berpengaruh terhadap nilai mahasiswa itu sendiri. Disini yang membedakan yaitu ajang olahraga ini bukan hanya dari D3 SISTEM INFORMASI tetapi digabung dengan prodi D3 Teknik Komputer. Disini saya diamanahi menjadi Ketua Pelaksana lagi. Yang dimana diamanahi oleh Dosen Mata kuliah Olahraga itu sendiri. Disini saya bertekad untuk memperbaiki segala kesalahan yang kemarin saya lakukan. Ternyata Tuhan Maha adil guys. Saya diberikan kesempatan lagi untuk mencari jati diri ehehehe. Disini saya berusaha untuk mandiri dan semua acara harus dihandle dan saya harus terjun langsung untuk mensukseskan acara ini. Sebelumnya saya banyak dibimbing dan diajarin secara langsung pada saat SI GAMES kemarin. Tetapi disini saya harus mandiri karena tidak ada lagi yang namanya kepada departemen. Jadi saya harus berjuang. Tetapi disini saya tidak berjuang sendiri tetapi ada wakil ketua saya yang bernama Muhammad Dhana Saipul dan juga banyak divisi divisi yang lain untuk ikut serta mensukseskan acara. Disini saya sangat sangat sangattt banyak mendapat pengalaman. Padahal waktu SI GAMES saya bisa saja melakukan hal itu. Tetapi syukurnya saya bisa mengimplementasi kan di Tugas Besar ini. Contohnya Saya ikut terjun langsung dalam mengenai proggress dan mengkontrol dari divisi yang lain. Dan juga kebijakan kebijakan harus dimusyawarahin terlebih dahulu agar tidak mengalami perbedaan pendapat. Dan Alhamdullillah acara yang kita selanggarakan sukses dan petjah. Walaupun masih ada kesalahan kesalahan kecil yang ditemukan. Tetapi disini saya sangat puas dibandingkan dengan acara yang kemarin karena disini saya berhasil untuk melawan rasa ketakutan saya dan sifat malas saya. Dan berkat kekompakan wakil dan divisi divisi yang lain alhasil acara ini sukses diselenggarakan.

Kesimpulan

Jadi dari pengalaman berorganisasi yang pernah saya ikutin saya mendapatkan pelajaran yaitu keberhasilan tidak akan didapatkan kalo tidak adanya kerja keras. Dimana, dilihat dari Track Record pengalaman saya beorganisasi. Saya mengalami peningkatan yaitu yang tadinya menyepelehkan, tidak dapat manfaat, gagal dan alhasil berhasil. Jadi semuanya itu butuh proses. Dan dari organisasi ini kita mendapatkan manfaat yang banyak yaitu mendapatkan relasi, berani berpendapat, berani mendapatkan amanah, berani untuk gagal, berani untuk maju, berani untuk unjuk gigih serta melatih public speaking, kerja tim, dan mengenal sifat satu sama lain antara teman organisasi kita itu sendiri.

Maka dari itu kalian yakin gamau berorganisasi?????

Masih belum terlambat kok kalo kalian masih muda. Kalo yang udah tua hmm gimana yaa, Bisa kok in sya Allah wkkw

Penutupan

Ya saya tutup ya. DADAHHHH.

 

 

15 thoughts on “Pengalaman Berorganisasi Memiliki Banyak Manfaat.

  1. Mukhlis Jefrians says:

    Thanks for this blog, saya jadi bisa mengetahui pentingnya ikut ber organisasi. Semoga blog ini jadi lebih baik lagi. Semangat!!!

    • rafidzil says:

      Terima kasih atas komennya kak. Harus kak jangan lupa dan berani untuk ikut organisasi ya. Banyak manfaatnya kok. Semangatttt !!!

  2. hamba Allah says:

    Ya saya komen ya, apa yg kamu tulis disini sangat detail dan pemilihan kata nya asik beut.. overallll saya bisa nangkep apa yang kamu coba kasih tau disini.
    Hidup mahasiswa!

  3. Dahana Saipuloh says:

    Sebentar sebentar, Syaifullah btw wkwkwkkw. Mantap niannnn ini huhuuu, pesan sangat tersampaikannn lurdddd!!! Good jobbbb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *